Seminar Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Laboratorium

Program Studi Farmasi Universitas Gunadarma mengadakan Seminar Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Laboratorium. Seminar diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Maret 2018 dan bertempat di Kampus Gunadarma Graha Simatupang Tower A lantai 5 Jakarta.

Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Ashfar Kurnia, M.Farm., dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Prof. Dr. E.S. Margianti SE.,MM., Rektor Universitas Gunadarma.

Seminar ini menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dr. Erma Triawati Ch., S.T., M.T., ( Ahli K3 Umum, Sekretaris Program Studi Teknik Elektro Universitas Gunadarma.), Dr. rer. nat. Budiawan (Ahli Chemical Toxicology dan Chemical Safety, Ketua Himpunan Kimia Indonesia) dan Aroem Naroeni, DEA, Ph.D ( Biosafety Officer dan Peneliti Senior Pusat Riset berbasis Layanan Kesehatan Virologi dan Kanker Patobiologi atau PRVKP).

foto kegiatan seminar

Pada sesi pertama yang dipimpin langsung oleh Sidhi Poernomo, BA. Apt sebagai moderator, narasumber Dr. Erma Triawati Ch., S.T., M.T. menjelaskan materi pengawasan lingkungan kerja, pentingnya aspek K3 di dunia farmasi dan upaya miningkatkan safety di dunia farmasi. Dilanjutkan oleh narasumber Dr. rer. nat. Budiawan, sesi kedua yang dipimpin oleh Harits Atika Ariyantia S.Si.,M.Si ini membahas pentingnya merapkan aspek keselamatan keamanan dan lingkungan di laboratorium dengan rumus utama risk =  hazard x eksposure, yang artinya kenali bahayanya kemudian untuk mengurangi resiko maka kurangi juga paparannya.

Setelah break, acara dilanjutkan kembali untuk sesi terakhir, pada kesempatan ini narasumber Aroem Naroeni, DEA, Ph.D memaparkan materi pengelolaan bahan biologi di laboratorium, bagaimana pengelolaan bahan biologi, biosafety dan biosecurity (bioresiko) serta contoh implementasi manajemen bioresiko di laboratorium. Sesi yang dipimpin oleh moderator Rachmi Ridho, M.Farm, Apt. ini sekaligus menutup acara seminar yang diakhiri dengan pembacaan doa dan foto bersama.